Cat Dinding Mengelupas (fleaking)

Cat dinding mengelupas umunya disebabkan oleh pengecatan awal yang salah dan lapisan cat akhir merekat kuat. Kerusakan tersebut sebenarnya dapat dihindari bila proses pengecatan awal dilakukan dengan benar dan pemilihan cat yang sesuai. Sebelum dilakukan pengecatan sebaiknya dinding dicat dengan cat dasar walaupun akan menggunakan cat eksterior. Penggunaan cat dasar bermanfaat untuk mencegah cat luar bersentuhan dengan alkali yang terkandung dalam campuran semen, pasir dan air. Berikut langkah-langkah untuk mengatasi cat dinding yang mengelupas.

Alat-alat dan bahan : Kuas rol (roller), bak untuk mengecat, lap basah dan lap kering, cat tembok (eksterior), kuas, kape, ampelas no 100-200 dan cat dasar (alkali resistant prymer).

Langkah-langkah pengerjaan : kerok cat yang mengelupas dengan menggunakan kape, ampelas permukaan dinding hingga sisa cat hilang. Agar benar-benar bersih, lap dengan lap kering, kemudian dilanjutkan dengan lap basah. Aplikasikan cat dasar pada dinding yang telah dibersihkan dengan menggunakan roller. Pengecatan cukupsatu lapis, kemudian biarkan kering selama 1-2 jam. Sembil menunggu cat kering, campurkan cat eksterior dengan air 10% dari jumlah cat. Aduk cat hingga rata, kemudian tuang ke dalam bak pengecatan. Celupkan roller ke bak cat, lalu gulirkan pada permukaan bak. Aplikasikan cat pada permukaan dinding yang telah diberi cat dasar. Gunakan kuas kecil untuk mengecat pinggiran dinding atau lis. Setelah lapisan pertama mengering (2-3 jam), lanjutkan pengecatan lapisan kedua di atas lapisan pertama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: