Kolom Beton Retak

Keretakan pada kolom bisa dikategorikan menjadi tiga jenis, kerusakan yang sifatnya tidak membahayakan, sedang dan membahayakan bila tidak segera ditangani. Apa saja yang menyebabkan kolom retak? Simak beberapa hal berikut ini:

Retak Geser

Retak dengan pola diagonal/miring pada kolom biasanya disebut retak geser, yang disebabkan oleh gaya pada arah horisontal/datar. Retak geser seperti ini cukup membahayakan bila tidak segera ditangani, karena bisa menyebabkan kolom roboh dan tidak mampu menopang bangunan.

Retak Lentur

Retak dengan pola horisontal/datar biasanya disebut retak lentur, disebabkan oleh tekanan yang berlebihan pada kolom. Seperti halnya retak geser, retak lentur perlu ditangani dengan cermat.

Selimut Beton Terkelupas

Selimut beton pada kolom terkelupas, dapat disebabkan oleh rendahnya kualitas mutu beton yang digunakan, sehingga kekuatan beton terhadap tahapan pembangunan sangat diperlukan untuk mencegah penurunan kualitas beton.

Tulangan Bengkok

Kerusakan pada kolom di mana tulangan besi utama terlihat bengkok. Secara kasat mata terlihat kolom sedikit bengkok. Hal ini diakibatkan kurangnya jumlah dan atau kurangnya ukuran besi pengikat (tulangan sengkang).

Retak Rambut Dengan Pola Tidak Beraturan

Saat usia bangunan masih muda retak-retak rambut sudah bisa dideteksi. Sekalipun retak rambut tidak me

mbahayakan, namun cukup mengganggu pemandangan. Retak-retak kecilini banyak disebabkan oleh pengaruh lingkungan, yaitu perubahan suhu panas dan dingin yang dramatis. Misalnya rumah dibangun pada musim panas, setelah selesai terpapar hujan terus menerus.

Untuk retak diagonal dan retak horisontal perlu dilakukan pemeriksaan kekuatan kolom, apabila kolom masih kuat cukup dilakukan grouting (mengisi celah) dengan cairan epoxy pada daerah retakan.

Jika setelah di analisa kolomk kurang kuat, maka diperlukan pelebaran ukuran kolom. Pelebaran ini dilakukan untuk memperkuat kolom sehingga mampu menampung beban di atasnya.

Untuk retak-retak kecil, cukup dilakukan penambalan dengan plesteran agar tulangan besi tidak berhubungan dengan udara luar yang dapat menyebabkan karat.

Satu Tanggapan

  1. tolong share buku tentang retak beton ya? trimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: